Senin, 21 Desember 2015

Tips stabil bermain billiard

Tips bermain billiard


Bermain billiard bagi kebanyakan orang hanya sekedar memasukkan bola dalam pocket dan banyak juga yang berpikiran permainan ini mengandung konotasi negatif. Bagi saya permainan billiard adalah hal yang kompleks yaitu dengan menyelaraskan pikiran dan fisik kita. dalam hal ini saya akan membahas dasar-dasar dari billiard.

Biasakan Selalu Fokus Ketika Mau Menyodok Bola, meskipun posisi bola itu terlihat sangat mudah. Tujuannya adalah agar kita mendapatkan akurasi pemukulan bola lebih tepat sasaran, nah hal ini meskipun sepele banyak lho yang mengabaikan masalah ini.

Kuda-kuda Tangan atau Bridge Harus Kuat, Tidak Boleh Goyah. Efeknya bila kuda-kuda tangan goyah menyebabkan pukulan terhadap Bola Putih melenceng jauh dasri sasaran yang dituju.
Posisi Kaki Harus Seimbang. Bila melakukan pukulan dengan Tangan Kanan maka Kaki Kiri harus berada di bagian depan. Jika titik sasaran bola sudah ditentukan, nah barulah tangan yang dipakai buat kuda-kuda (fungsi untuk menahan stik) kita diletakan dengan tujuan untuk mengatur ke-seimbangan badan. 
dasar kuda-kuda


Teknik Pukulan Billiard


Dalam permainan billiard, ada empat jenis pukulan dasar dalam teknik bermain billiard yang harus diketahui dan dikuasai. Keempat jenis pukulan tersebut yang pada nantinya akan divariasikan sesuai dengan kondisi yang dihadapi seseorang di 
atas meja billiard. Keempat jenis pukulan dasar tersebut adalah :

1. Stop Shoot


Dikenal juga dengan Stop Stroke, dan merupakan jenis pukulan termudah dalam permainan billiard. Titik pukul stik dilakukan tepat di tengah-tengah bola putih. Efek yang dilakukan adalah, bola akan berhenti di tempat, jika dipukul sejajar dengan bola sasaran. Jika pukulan tidak dilakukan secara sejajar, laju bola tidak akan berjalan terlalu cepat atau terlalu lambat.

2. Draw Shoot


Teknik ini dilakukan dengan cara memukul bola putih sedikit di bawah titik tengah. Efek dari pukulan ini adalah bola akan berjalan mundur setelah terkena bola sasaran. Ini terjadi jika bola sasaran dipukul secara sejajar. Sedangkan jika tidak sejajar, sudut pantul bola akan lebih lebar.

3. Follow Shoot


Teknik bola ini dilakukan dengan cara memukul bola putih sedikit di atas garis tengah. Efek yang terjadi adalah apabila bola sasaran dipukul secara sejajar, bola putih akan berjalan maju. Sedangkan jika tidak sejajar, bola putih akan memiliki sudut pantul yang lebih sempit, serta memiliki laju yang lebih cepat.

4. Spin Shoot


Pukulan dalam teknik bermain billiard ini dilakukan dengan cara memukul bola sedikit di kiri atau kanan titik tengah bola putih. Efek yang ditimbulkan dari jenis pukulan ini adalah, laju bola akan bergerak ke arah yang tidak terduga setelah terkena bola sasaran atau pun memantul ke tepi meja.


Hal yang perlu di ingat dalam permainan ini adalah fokus dan jangan pernah menganggap remeh bola.




Peraturan 10-Ball


Menurut world standarized rules, dalam permainan bola 10, setiap tembakan harus called shot (menentukan mana bola yang akan ditembak dan lubang yang dituju). Tapi, karena berbagai pertimbangan, seperti tingkat kesulitan, dan lain sebagainya, peraturan ini sedikit dimodifikasi. Yang harus called shot hanya bola-10. Sedangkan peraturan lainnya tidak berbeda jauh dengan peraturan bola-9.

Bola yang digunakan adalah bola billiard yang bernomor 1 s.d 10 ditambah bola berwarna putih yang digunakan sebagai cue ball.
Susunan bola pada saat break, Bola bernomor 1 s.d 9 disusun berbentuk segitiga (triangle). Posisi bola bernomor 1 di bagian atas segitiga, sedangkan bola bernomor 10 diletakkan di tengah-tengah susunan bola. Dan bola lainnya ditempatkan secara acak.
Apabila Bola 10 masuk pada saat break, pemain tidak langsung menang. Bola 10 diambil dan ditaruh lagi pada footspot. Apabila ada bola lain di footspot, maka bola ditaruh pada longstring terdekat dengan footspot. Selanjutnya permainan dilanjutkan seperti biasa, dengan posisi bola putih tetap.
Memasukkan bola dapat dilakukan secara langsung, yaitu dengan memukul bola bernomor paling kecil yang ada di atas meja, atau dengan mengkombinasikan bola sasaran dengan bola lain yang sekiranya dapat masuk ke dalam kantung meja. Pengecualian apabila pemain hendak melakukan kombinasi untuk memasukkan bola 10, harus called shot. Apabila tidak called shot, maka pukulan dianggap tidak sah.

Pemain dinyatakan melakukan pelanggaran (foul) apabila:

• Bola yang dipukul bukan merupakan bola paling kecil yang ada di meja.
• Bola putih atau bola berwarna melompat dan keluar dari meja permainan.
• Bola putih masuk ke dalam kantung meja.
• Bagian tubuh maupun pakaian pemain menyentuh bola yang ada didalam meja permainan.
• Bola putih tidak menyentuh bola sasaran saat dipukul.
• Saat bola sasaran dipukul, tidak ada bola yang menyentuh ban (cushion)
• Menaruh/meninggalkan stik play di atas meja

Ketentuan setelah pelanggaran.

• Pemain berikutnya memiliki kesempatan untuk meletakkan bola putih dimana saja di dalam meja permainan (free ball).
• Apabila bola bernomor keluar dari meja, maupun masuk kedalam lubang karena pelanggaran, maka bola tersebut tidak dikembalikan ke atas meja.
• Bola bernomor 10 dikembalikan ke atas meja pada titik footspot apabila keluar dari meja, maupun masuk ke dalam lubang karena pelanggaran. Apabila ada bola lain yang berada pada titik Foot Spot, maka bola bernomor 10 ditempatkan pada Long String terdekat dengan titik Foot Spot.
Push Out
Apabila setelah break, dan bola putih terhalang oleh bola lain sehingga bola sasaran tidak terlihat (tidak bisa dipukul secara biasa), maka dapat melakukan Push Out. 
Ketentuan Push Out
• Push Out hanya dilakukan 1 kali dalam permainan, yaitu setelah Break.
• Sebelum melakukan Push Out, pemain harus memberitahukannya kepada lawan maupun wasit. Apabila pemain tidak memberitahukan kepada lawan maupun wasit, maka pukulan yang dilakukan dianggap pelanggaran.
• Dalam melakukan Push Out, pemain bebas memukul bola putih kearah mana saja, bahkan memasukkan bola apa saja, dan tidak dianggap FOUL.
• Setelah Push Out dilakukan, pemain lawan dapat memilih untuk menerima dan melakukan pukulan atau menyerahkan kembali ke pada pemain yang melakukan push out untuk memukul selanjutnya.
Jika seseorang pemain melakukan pelanggaran 3 x berturut – turut dalam satu game, maka dinyatakan kalah pada game tersebut.
Seorang Pemain dinyatakan menang, apabila:
• Memasukkan Bola bernomor 10 ke dalam lubang meja secara sah dan harus called shot, baik secara langsung maupun kombinasi.
• Lawan memasukkan bola 10 ke lubang yang salah (bukan lubang yang dia tunjuk ketika called shot).
• Lawan melakukan pelanggaran 3 kali berturut-turut.

(sumber : total billiard)





2 komentar:

  1. Kami adalah situs agen judi online yang merupakan agen poker & agen domino online uang asli terbesar dan terpercaya di Indonesia. Kami hadir dengan sistem program terbaik yang menjamin keamanan data para member dan server canggih berkecepatan tinggi yang menjamin permainan cepat dan lancar tanpa macet. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca blog saya.....